728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday 12 March 2015

    4 cara mempercepat komputer dan laptop windows


    Windows adalah operating sistem yang digunakan sekitar 70% komputer di dunia. Begitu juga di Indonesia Windows sangatlah populer.  Di tengah kepopuleran sistem operasi ini ternyata terkadang masih banyak masalah terutama masalah dengan kecepatan komputer. Salah satu kelemahan windows jika telah lama di install dan banyak aplikasi yang terinstall adalah komputer menjadi lemot. Baik saat booting ataupun saat menjalankan software. Ada macam macam sebab kenapa komputer menjadi lemot, salahsatunya adalah banyaknya software yang berjalan pada saat bersamaan.
    Software software ini tanpa anda sadari berjalan secara otomatis saat anda menghidupkan komputer. Di samping itu ada yang namanya services, services adalah komponen yang berjalan di windows, baik bawaan windows maupun bawaan software. Contoh services adalah Telephony, telephony berguna jika anda menggunakan komputer untuk keperluan yang berkaitan dengan modem. Jika anda tidak butuh maka Services bisa anda matikan secara manual.
    Cara mempercepat komputer:
    1. Meminimalisir StartUP: Tanpa sadar setiap anda menghidupkan komputer banyak software yang ikut berjalan secara otomatis. Startup di yang perlukan adalah yang berkaitan dengan security semisal antivirus dan yang berkaitan dengan driver misalkan saja wifi. Untuk mematikan startup yang terlalu banyak: Ketik msconfig di search bar (untuk Windows Vista dan Windows 7) lalu pencet hasil pencarian yang muncul. setelah itu akan muncul windows dengan banyak tab, pilih tab startup dan hilangkan centangan pada startup yang tidak anda inginkan. Pada Windows XP: ketikkan msconfig pada form RUN dan tekan enter lalu akan muncul windows, pilih tab startup dan hilangkan centangan pada startup yg tidak diinginkan.
    2. Mematikan Services yang tidak perlu: Mempercepat komputer juga bisa dilakukan dengan mematikan services yang tidak perlu. Caranya: Pada Windows Vista dan Windows 7 ketik tombol start menu —> ketikkan services.msc pada kolom serach bar —> tekan file services —> masuk ke services dan pilih services yang mau di matikan. ada beberapa pilihan: disable, manual dan automatic. Jika disable artinya service itu kita matikan, kalau manual artinya tetap berjalan kalau kita menjalankan secara manual, kalau automatic maka akan otomatis berjalan ketika komputer hidup. Anda bisa memilih me manualkan yang automatic atau mendisable, hati hati dalam memilih karena ada services yang sangat penting, harap baca keterangan services itu buat apa sebelum merubahnya. Pada Windows XP caranya –> RUN –> services.msc —> masuk ke menu services, lalu ikuti seperti cara pada Windows 7 dan Vista diatas.
    3. Membersihkan file dari file file sampah: Caranya sangat mudah hanya dengan memakai software Ccleaner. Anda bisa memperolehnya secara gratis di internet (freeware), jalankan Ccleaner tiap hari untuk membuang file file sampah di komputer anda.
    4. Lakukan Defrag secara berkala pada komputer anda, caranya —> klik my computer —> pilih drive yang mau di defrag —> klik kanan —> properties —> tools –Defragmentation atau cara lain anda bisa menginstall software gratis yang namanya defraggle.  Semoga Bermanfaat...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 4 cara mempercepat komputer dan laptop windows Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top